Campuran Fermentasi Pakan Sapi

Campuran fermentasi pakan sapi yaitu proses amoniasi tentang makanan peternakan supaya isi nutrisi yang telah ada dalam makanan ternak hijau bisa kita simpan dan dapat bertahan tentunya dalam waktu yang cukup lama.

Ketersediaan jerami padi atau dedak padi tersedia rata-rata sejauh ini sehingga bisa kita pergunakan untuk sumber makanan peternakan, khususnya teruntuk pada kala kemarau.

Untuk menyediakan pakan ternak dengan kontinyu, kita membutuhkan teknologi pengawetan agar saat bahan pakan tersedia banyak, bisa kita kemas dengan tidak mengurangi takaran nutrisi dan gizinya.

Salah satu metode pengawetan yang tentunya selaras dengan karakteristik jerami padi yaitu dengan membuat fermentasi pakan sapi jerami, karena metode pembuatannya cukup mudah sekaligus bersifat palatable maka jauh lebih mudah pemberiannya pada ternak ruminansia.

Maka dari itu sangat perlu dilaksanakan kajian pemakaian jerami padi serta dedak padi untuk pakan sapi potong guna memberikan ide teknologi pakan yang sangat cocok bagi keadaan peternak.

Target utama pengkajian ini yakni supaya memahami tingkat pertumbuhan berat sapi potong serta nilai keuangan usaha ternak dengan memakai pakan dedak serta jerami fermentasi.

Fermentasi Pakan Sapi

Fermentasi Pakan Sapi

Pada daerah yang menghasilkan tumbuhan padi, sisa-sisa produk panen merupakan jerami padi yang tentunya sungguh banyak. Satu hektar tumbuhan padi dapat menghasilkan 7 ton jerami. Ibarat kata satu sapi memakan jerami padi 30 kg jerami padi pada setiap hari, maka dapat kita pakai sebagai pakan sapi kurang lebih 5 bulan.

Dengan cara tradisional petani pedesaan menghasilkan jerami padi terhadap ternaknya langsung pada keadaan yang tidak kering(basah). Beberapa kita keringkan serta kita tumpuk sebagai persediaan bahan pakan saat waktu yang cukup sulit untuk mendapatkan bahan makanan ternak.

Anda dapat menyisihkan sisa rumput pakan sapi dengan cara merawat marmut. Jika rumput tersebut perlu dicacah, Anda dapat menggunakan mesin pencacah rumput multifungsi

READ  Resep Gepuk Sapi Serundeng Gurih Khas Yang Lezat Dan Nikmat

Walaupun jerami padi memiliki sebagian kekurangan yaitu cukup sulit tercerna karena takaran seratnya (lignin) tinggi dan memiliki kandungan nilai gizi yang cukup rendah (protein serta bahan organik lain).

READ  Cara Membuat Kopi Gula Aren serta Manfaat yang Bisa Kita Dapat

Maka dari itu butuh adanya peningkatan mutu jerami padi. Teknologi modern fermentasi pakan sapi sudah banyak berkembang guna untuk meningkatkan mutu pakan, contohnya fermentasi pakan sapi jerami padi.

Manfaat Jerami Fermentasi

Manfaat Jerami Fermentasi

  1. Memiliki takaran protein cukup nggul daripada jerami yang biasanya. (sekitar 7-9%)
  2. Jauh lebih gampang tercerna terhadap ternak ruminansia
  3. Takaran nutrisi pakan tentunya akan meninggi
  4. Memiliki bau yang wangi, tidak memiliki bau yang tidak sedap
  5. Jauh lebih steril dan higenis
  6. Bahan terjangkau serta memiliki harga yang tidak mahal
  7. Untuk persediaan makanan yang cukup tahan lama, praktis dan tentunya tidak mahal

Campuran Fermentasi Pakan Sapi

Campuran Fermentasi Pakan Sapi

Dedaunan hijau yakni makanan yang pokok terhadap hewan ternak ruminansia. Pada dasarnya dedaunan hijau terdapat melalui tumbuhan serta rumput-rumputan dan kacang-kacangan. Kelemahan dedaunan hijau ialah makanan ternak yang tidak selalu tersedia setiap tahunnya terutama pada kala kemarau adalah kesulitan yang tentunya wajib kita selesaikan. Simaklah proses serta metode urutannya.

Bahan-bahan dan peralatan:

  • Kurang lebih 1000kg jerami padi,tentunya yang sudah kering
  • 20-25 Liter gula pasir yang akan kita larutkan nantinya
  • Probiotik serta EM4
  • 250-300 Liter air guna supaya mencampurkan probiotik dan gula pasir /15 Liter terhadap jerami basah.
  • Plastik/Terpal/Gelaran.
  • Alat pemotong, pisau, sabit atau semacamnya atau juga dapat memakai mesin.
  • Ember plastik serta plastik ataupun kantung plastik

Cara membuat fermentasi

  1. Siapkan bahan-bahan kering yang telah ada, lalu dipotong-potong dengan takaran 25 cm dikumpulkan pada fermentasi pakan sapi
  2. Menyediakan gelaran guna untuk area fermentasi pakan sapi
  3. Mencampurkan bahan tadi menjadi tunggal selaras dengan perbandingannya,kemudian menyiapkan terpal plastik guna untuk alas melarutkan antara jerami bersama larutkan probiotik, gula pasir serta air supaya fermentasi pakan sapi.
  4. Pada jerami padi yang telah dipangkas diletakkan di atas sedikit demi sedikit disiram campuran air tetes serta starbio sesuai perbandingan di atas hingga rata serta jerami terlihat basah.
  5. Sesudah jerami betul-betul sudah tersiram bersama campuran tersebut, jerami akan kita masukkan ke dalam Terpal/Plastik/Gelaran sedikit demi sedikit serambi kita mampatkan/injak-injak agar padat.
  6. Sesudah padat, kita tutup hingga benar benar rapat.
READ  Fermentasi Untuk Sapi

Cara pemakaian pakan

Sesudah 1 minggu jerami tersebut baru bisa mulai kita berikan kepada ternak sapi sesuai keperluan kita dan jika bahan itu belum habis sesudah mendapatkan bahan dari area penyimpanan agar ditutup hingga rapat, sekaligus terhindar oleh air, serta terhindar oleh panas matahari dan terhindar dari hujan deras.

Demikian mengenai campuran fermentasi pakan sapi. Dengan fermentasi pakan sapi, nantinya sapi akan lebih gemuk dan sehat. Semoga bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *