Wow Perawatan AC, Kuncinya di Filter, Service Mulai Rp 1,37 Juta

Salah satu piranti paling penting di mobil saatini, adalah AC. Dengan AC, sebabkan kita lebih nyaman mengendarai mobil di kala siang terik atau kala hujan deras.
Karena AC membantu mendinginkan kabin mobil Anda di kala panas, dan terhitung membantu menyingkirkan embun kala hujan deras.

Nah, terbayangkah oleh Anda kalau wajib menyetir mobil di siang bolong tanpa AC?

Hawa panas bercampur bersama asap knalpot kendaraan lain, rela tidak rela wajib Anda hirup.
Belum ulang keringat Anda bercucuran dikarenakan panasnya udara. Duh!

Oke, kali ini OTOMOTIF dapat mengulas perawatan dan perbaikan AC mobil-mobil Eropa.

Karena masih banyak yang beranggapan kalau servis AC mobil Eropa itu ribet dan mahal.

“Gak ribet terhitung sebenarnya, namun sebetulnya tersedia lebih dari satu mobil Eropa yang wajib bongkar dasbor kala servis AC total,”
Pengerjaannya terhitung wajib ekstra hati-hati, dikarenakan panel dasbornya tidak boleh sampai tersedia yang patah,” ujar Budi Santoso, dari Central AC Mobilindo di kawasan Pejaten

BAU TAK SEDAP

Keluhan paling banyak dari pengguna mobil Eropa, adalah AC-nya mengeluarkan bau tak sedap pada kala baru dinyalakan. Biasanya baunya layaknya asam.

Ada lebih dari satu hal yang sebabkan bau ini timbul kala AC dihidupkan.

“Bau ini umumnya dipengaruhi oleh lokasi mobil di parkir. Kalau parkirnya dijemur di luar ruangan pada siang hari yang udaranya panas, kala AC dihidupkan tentu dapat tersedia hawa yang tidak cukup sedap,”
“Itu dikarenakan ada perbedaan suhu antara luar dan dalam.

Hal ini terhitung diamini oleh Ali, juragan bengkel spesialis BMW Anugrah Motor di kawasan Haji Nawi, Jaksel.

“Bau tak sedap kala AC dihidupkan ini dapat terhitung dari filter AC yang lama tidak diganti. Filter AC ini sebetulnya kerap disepelekan oleh para pemilik mobil Eropa, padahal pengaruh jangka panjangnya antara lain ya bau ini,” ucapnya.

READ  Resep Ayam Panggang Utuh Bumbu Rujak Bertekstur lembut dan Gurih

PERHATIKAN FILTER AC

Di bengkel resmi Mercedes-Benz, direkomendasikan tiap-tiap servis berkala, filter AC wajib diganti.
Karena filter AC di mobil keluaran Mercedes-Benz tidak cuma menyaring debu, namun terhitung menyaring bakteri agar tidak masuk ke evaporator, agar umur AC lebih awet.

Apa yang terjadi kalau filter AC tidak diganti rutin?

“Akan mempercepat umur memakai evaporator, dikarenakan kotoran dari luar tidak tersaring bersama baik dan sebabkan evaporator menjadi cepat kotor. Akhirnya rusak, plus nampak bau dari evaporator yang rusak itu,” mengerti Langgeng.

Di di dalam rumah evaporator, tersedia ulang filter charcoal yang bermanfaat untuk saringan lapis kedua.
“Namun yang ini jarang diganti, dikarenakan sebetulnya lumayan sukar untuk membongkarnya. Biasanya yang diganti,mobilnyasudahberumuratausebelumkeluaran 2005,” ucapnya.

PERBAIKAN

Yang membedakan perbaikan AC mobil Eropa bersama Jepang tersedia lebih dari satu hal.

“Mobil Eropa layaknya Mercy (Mercedes-Benz, red) itu tersedia modul spesifik AC dan sistem elektrikalnya beda bersama mobil Jepang. Pengecekannya memakai scanner khusus,”

“Nanti dapat ketahuan modul mana atau anggota mana yang rusak,” mengerti pria yang memiliki pengalaman bersama AC Mercy sejak tahun ’80an.

Lebih lanjut pria paruh baya ini menambahkan, “Mobil Eropa terhitung sebetulnya perawatan AC-nya lebih mudah, dikarenakan AC mobil Eropa itu jarang rusak,”

“Sering pemilik Mercy yang datang ke bengkel aku minta diservis AC-nya, paskami bongkar seluruh masih nampak bersih. Paling hanyaganti filter AC-nya saja,” tuturnya.

Filter AC mobil Eropa layaknya Mercy, sebetulnya mutu menyaringnya lebih bagus dibanding mobil Jepang.

“Terkadang udah setahun belum tentu kotor.Tapi aku sarankan diganti dikarenakan harganya tidak benar-benar mahal juga, mulai dari Rp 350 ribuan,” bilang Budi.
Untuk kompresor AC, secara umum mobil Eropa lebih awet dibandingkan kompresor AC mobil Jepang.

READ  Guide Mobile Legend Emblem

Sehingga umur pakainya lebih panjang. “Biasanya kompresor AC mobil Eropa mulai mempunyai masalah di atas 60.000 km,” ucap Ali menambahkan.

Gejalanya umumnya mulai tidak cukup dingin pada kala tertentu, misalnya di siang hari.

Kompresor AC mobil Eropa pun jarang rusak agar tidak wajib diservis, “Ada yang dapat menggapai 1-2 tahun baru di servis,” bilangnya.

HARGA PARTS & BIAYA PERAWATAN

Filter AC Mercy di bengkel resmi, harga mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta, tergantung style mobilnya.

Evaporator mulai dari Rp 14 juta, tetapi kompresor AC mulai dari Rp 26 jutaan untuk C-Class W205.

Di Mercy, tersedia remanufacture part spesifik layaknya kompresor AC yang direbuild oleh pabrikannya.

“Jadi harganya lebih murah, namun pembeli tidak kehilangan hak warranty 2 tahun dari part tersebut. Jadi, senantiasa di garansi terhitung oleh pabrikan,” ucap Langgeng.

“Biaya servis berkala lebih kurang Rp 3 jutaan, udah terhitung kontrol AC dan penggantian filter AC, bersamaan bersama pengerjaan servis rutin mesin,”ucap langgeng.

Sementara di daerah Budi, biaya perawatan mulai dari Rp 1,75 juta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *